3 Trik Masak Kacang Hijau agar Cepat Empuk 

3 Trik Masak Kacang Hijau agar Cepat Empuk 

Metroterkini.com - Memasak kacang hijau memang mudah, namun perlu cara khusus agar membuatnya cepat empuk. Pasalnya, memasak kacang hijau hingga empuk butuh waktu yang lama, sehingga bisa membuat gas cepat habis. 

Dilansir dari sejumlah sumber, terdapat tiga cara yang bisa dilakukan untuk membuat kacang hijau cepat empuk agar hemat gas. Adapun trik yang disajikan ini mulai dari proses persiapan, memasak, dan pilihan alat masak kacang hijau. 

Berikut ini trik memasak kacang hijau agar cepat empuk: 

1. Rendam kacang hijau 
Cara pertama untuk membuat kacang hijau cepat empuk saat dimasak adalah dengan merendamnya terlebih dahulu selama semalam. Merendamnya selama semalam akan membuat kacang hijau cepat empuk dibandingkan tidak merendamnya terlebih dahulu. Dengan begitu, proses memasaknya pun tidak akan boros gas. 

2. Masukkan gula tepat waktu 
Tanda kacang hijau sudah empuk saat dimasak adalah ketika telah merekah atau pecah. Akan tetapi, kacang hijau bisa.tidak pecah meski sudah dimasak dalam waktu yang lama. 

Hal itu disebabkan oleh gula yang sudah dimasukkan sejak awal. Gula pasir atau gula merah bisa menghambat proses merekahnya kacang hijau saat dimasak. Oleh sebab itu, masukkan gula ketika kacang hijau mulai merekah atau pecah. 

3. Masak dengan rice cooker atau slow cooker 
Memasak kacang hijau dengan menggunakan rice cooker atau alat slow cooker tentu dapat menghemat kebutuhan gas. Caranya, masukkan sejumlah kacang hijau ke dalam air di panci rice cooker. 

Setelah memasukkan panci ke dalam rice cooker, tekan tombol masak untuk memulai proses memasak. Buka rice cooker, kemudian cek tingkat kematangan kacang hijau dengan cara menekannya. Tekan kembali tombol masak untuk mendapatkan tekstur kacang hijau yang empuk sempurna. [**]

Berita Lainnya

Index